Dihadiri Ribuan Warga, Polisi Gelar Pengamanan Upacara Adat Tulude di Lembeh Selatan

05 Feb 2023 - 10:02

MANADO, Humas Polda Sulut – Upacara adat Tulude yang digelar di Boulevard Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Sabtu (4/2/2023) berlangsung meriah dan aman.

“Kegiatan ini mendapt pengamanan personel dari Polres Bitung dan Polsek Lembeh Selatan,” kata Kasi Humas Polres Bitung Ipda Iwan S.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah, baik dari provinsi maupun dari Kota Bitung.

“Nampak hadir antara lain mewakili Gubernur Sulut yaitu Sekprov Frangki Manumpil, Walikota Bitung Maurits Mantiri, Bupati Sitaro Evangelin Sasingen, Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, Pejabat Polairud dan Forkopimda Bitung lainnya, bersama perangkat pemerintahan dan ribuan warga Kota Bitung,” lanjutnya.

Kegiatan upacara Tulude di Kota Bitung ini dilakukan dengan beberapa prosesi adat, yang berasal dari Nusa Utara.

“Kegiatan ini merupakan cara warga untuk melestarikan kegiatan ini sebagai warisan budaya, juga membangun rasa persaudaraan yang tinggi, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Sulut,” kata Kasi Humas.

Acara puncak gelar adat Tulude Pemerintah Kota Bitung ini, yaitu penjemputan dan Iring iringan Tembonang u Banua, penjemputan dan arak-arakan Kue Adat Tamo (Tamong Banua) dari tempat pembuatan ke Bangsal dan pagelaran adat dan atraksi kesenian.

Bagikan :

KOMENTAR