Kapolda Sulut Hadiri Jumat Curhat dan ‘Blusukan’ di Pasar Bersehati Manado, Cek Harga Pangan Jelang Nataru

02 Dec 2022 - 14:12

MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto menghadiri kegiatan rutin Jumat Curhat, di Pasar Bersehati Kota Manado, pada 2 Desember 2022 pagi. Dilanjutkan dengan ‘blusukan’ di kawasan pasar setempat untuk mengecek langsung harga bahan pangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru).

Jumat Curhat tersebut diikuti para pedagang, nelayan, serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Kapolda duduk bersama masyarakat sambil mendengarkan langsung “curhatan” terkait kamtibmas, dirangkaikan dengan sesi tanya jawab.

Selanjutnya, Kapolda didampingi Direktur Binmas, Kabid Humas, Kapolresta Manado, dan Kepala PD Pasar Manado, menyambangi para pedagang di Pasar Bersehati dengan berjalan kaki untuk mengecek ketersediaan maupun harga bahan pangan.

Kapolda juga menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang maupun pembeli. Dalam blusukan ini, tak sedikit pedagang maupun pembeli yang meminta ber-swa foto dengan Kapolda. Dengan ramah dan sabar, Kapolda pun memenuhi permintaan tersebut.

Kapolda usai kegiatan mengatakan, Jumat Curhat ini merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan warga masyarakat dari berbagai kalangan.

“Tujuannya adalah untuk bisa melakukan hubungan komunikasi, bisa memberikan informasi dari masyarakat, dan kami juga bisa menampung apa yang menjadi keluh kesah dari masyarakat atau bahkan sampai pada saran dan kritikan,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dari kegiatan Jumat Curhat yang telah berjalan selama tiga pekan terakhir ini, menurut Irjen Pol Setyo Budiyanto pihaknya banyak mendapatkan informasi seputar masalah kamtibmas, kenakalan remaja, BBM, dan permasalahan lainnya.

“Semuanya pasti akan kami tindaklanjuti sesuai dengan porsinya masing-masing. Ada beberapa hal yang menjadi atensi dan sudah kami lakukan sejak saya menjabat di sini. Dengan informasi yang disampaikan oleh masyarakat, semakin menjadi sebuah tekad bagi saya untuk menciptakan dan mengkondisikan supaya Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado ini semua aman, tertib, dan nyaman,” ucap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Sementara itu terkait blusukan di Pasar Bersehati ini, Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan bahwa ini merupakan salah satu tugas Polri dalam hal pengawasan bahan pangan.

“Mendekati Natal dan tahun baru tentu tugas kami salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap pangan yang tersedia di wilayah Sulawesi Utara,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam hal pengawasan ketersediaan dan harga bahan pangan, ada Satgas Pangan mulai dari tingkat Polda hingga Polresta dan Polres jajaran.

“Tugasnya adalah melakukan pengecekan baik di gudang, ritel, pengecer termasuk juga di pasar-pasar tentang kenaikan atau harga-harga yang masih stabil,” terang Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, pengawasan dan pengecekan terus dikoordinasikan dengan Dinas Perdagangan provinsi, kota maupun kabupaten.

“Kalau ada indikasi terjadinya penimbunan, sengaja untuk menyimpan barangnya dengan cara-cara yang tidak sesuai aturan kemudian dengan modus supaya nanti pada saat dibutuhkan harganya dinaikkan, maka tentu akan kami lakukan tindakan-tindakan. Ada tahapan-tahapannya, mulai dari imbauan sampai kepada tindakan-tindakan secara hukum,” tandas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Bagikan :

KOMENTAR