Kapolda Sulut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Bolmong dan Bolmong Utara

14 Jul 2021 - 17:07

MANADO, Humas Polda Sulut – Pembangunan Mako Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolmong Utara, resmi dimulai. Ditandai dengan peletakan batu pertama pondasi bangunan secara simbolis oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana, pada Rabu (14/07/202) siang.

Peletakan batu pertama pembangunan dua Mako Polres tersebut dipusatkan di lahan pembangunan Mapolres Bolmong, yang berlokasi di Desa Dulagon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon kelapa di lokasi setempat.

Peletakan batu pertama ini merupakan rangkaian dari agenda kunjungan kerja Kapolda bersama Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong ke wilayah Bolmong Raya.

Turut didampingi oleh beberapa Pejabat Utama Polda Sulut serta Korem 131/Santiago, juga Forkopimda Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara. Di antaranya Kapolres Bolmong AKBP Nova Surentu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Kapolres Bolmong Utara AKBP Wahyu Purwidiarso, serta Wakil Bupati Bolmong Utara Amin Lasena.

Rangkaian kegiatan diawali dengan prosesi penyambutan secara adat Bolmong, Itum-itum. Kemudian laporan singkat oleh Kapolres Bolmong dan Kapolres Bolmong Utara.

Diketahui bahwa, Bupati Bolmong dalam pembangunan Mako Polres Bolmong ini berkontribusi dengan memberikan lahan seluas lima hektare.

Kemudian juga membantu pematangan lahan pembangunan Mako Polres Bolmong seluas satu hektare, dukungan operasional berupa 2 unit kendaraan roda 4, serta dukungan anggaran Operasi Ketupat Samrat Tahun 2021.

Sedangkan Bupati Bolmong Utara, menghibahkan sebidang tanah berukuran 25.000 meter persegi untuk pembangunan Mako Polres Bolmong Utara, serta meminjam pakaikan Kantor Camat Boroko lama sebagai Mako sementara Polres setempat.

Bupati Bolmong dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulut dan Danrem 131/Santiago beserta rombongan, karena di tengah kesibukan melaksanakan tugas bisa berkunjung ke Bolmong dalam rangka peletakan batu pertama.

“Dengan dimulainya pembangunan Mako Polres Bolmong ini akan berdampak pada kesejahteraan terhadap masyarakat, dan saya percaya kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Bolmong akan semakin aman dan kondusif,” ujarnya. Hal senada pun diungkapkan oleh Wakil Bupati Bolmong Utara, mewakili Bupati Bolmong Utara Depri Pontoh.

Sementara itu Kapolda Sulut dalam sambutannya, mengapresiasi setinggi-tingginya dan menghaturkan terima atas kontribusi nyata Bupati Bolmong dan Bupati Bolmong Utara dalam pembangunan dua Mako Polres tersebut.

“Termasuk selama 2019 hingga 2021 ini, penempatan sementara untuk Mako Polres Bolmong dan Bolmong Utara juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten setempat,” tutur Kapolda.

Kapolda pun mengajak seluruh pihak untuk bersyukur, atas terealisasinya pembangunan dua Mako Polres tersebut pada tahun 2021 ini.

“Dengan peletakan batu pertama ini, artinya sudah resmi bahwa pembangunan Mako Polres sudah bisa dilaksanakan. Dan saya berharap ke depan agar pelaksanaan pembangunannya tepat waktu,” harap Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda pun mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat penyebaran Covid-19 secara nasional peningkatannya cukup signifikan, termasuk di Sulawesi Utara.

“Mari kita semua tetap menjaga kesehatan, dan tetap disiplin protokol kesehatan. Yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan meningkatkan imunitas,” pungkas Kapolda mengimbau.

Bagikan :

KOMENTAR