Kapolda Sulut Tinjau Vaksinasi dan Berikan Arahan kepada Personel Polres Kepulauan Sangihe

07 Dec 2021 - 13:12

MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno didampingi Karo Ops Kombes Pol R. Wawan Wirawan dan Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast, melakukan kunjungan ke Polres Kepulauan Sangihe, pada Selasa (07/12/2021) pagi.

Kunjungan tersebut dilakukan Irjen Pol Mulyatno di tengah-tengah rangkaian kegiatan Forkopimda Sulut dalam rangka Safari Natal dan pembukaan Sidang Sinode Lengkap GMIST di Gereja Yerusalem Enemawira oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sesaat usai tiba di Mapolres, Irjen Pol Mulyatno didampingi Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Denny Wely Wolter Tompunuh, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Aula Sanika Satyawada.

Irjen Pol Mulyatno melihat langsung tahapan-tahapan vaksinasi, juga berdialog dengan para tenaga kesehatan dan peserta vaksinasi, kemudian memberikan bantuan sosial secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Sementara itu dalam arahan yang berlangsung di lapangan apel Mapolres, Irjen Pol Mulyatno mengaku bersyukur dan bahagia bisa bertemu langsung dengan para personel Polres Kepulauan Sangihe dan jajaran.

Irjen Pol Mulyatno mengatakan, Polri memiliki peran yang sangat penting dan sangat diharapkan kehadirannya oleh masyarakat.

“Oleh karena itu, mari kita tampilkan wajah-wajah Polri yang betul-betul bernafaskan Tri Brata dan Catur Prasetya. Jangan kita berbuat aneh-aneh, jangan kita memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat, dan jangan kita melakukan hal-hal yang bisa merugikan masyarakat,” katanya.

Berkaitan dengan tugas-tugas Polri, Irjen Pol Mulyatno mengajak seluruh personel untuk melakukan penegakan hukum dengan sebaik-baiknya. Namun demikian, lanjutnya, juga mengutamakan pola-pola penyelesaian hukum yang berdasarkan restorative justice.

“Tapi pahami betul bahwa restorative justice itu cara kita menyelesaikan masalah yang betul-betul sesuai dengan tujuan hukum. Yaitu, memiliki manfaat bagi masyarakat, korban, tersangka, maupun lingkungan sekelilingnya dan juga menjamin kepastian dan keadilan hukum,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Dirinya menegaskan, jangan menyelesaikan masalah dengan cara yang kurang baik, namun mengatasnamakan restorative justice.

“Restorative justice itu sangat baik dan itu sangat berkeadilan. Oleh karena itu kuasai betul peraturannya. Jangan asal kita menyelesaikan masalah, tapi harus menyelesaikan masalah dengan jelas dan tuntas,” tegas Irjen Pol Mulyatno.

Terkait media sosial (medsos), Irjen Pol Mulyatno kembali mengingatkan seluruh personel agar menggunakannya dengan baik dan bijak.

“Jangan kita turut menyebarkan informasi hoax. Analisa dulu, informasi tersebut benar atau tidak, meresahkan masyarakat atau tidak. Kalau informasi tersebut benar, baru kita sharing. Gunakan medsos itu untuk melakukan hubungan sosial yang positif, konstruktif, dan dapat mendukung tugas Polri. Jangan memposting hal-hal yang kontra produktif, yang bisa mencoreng nama baik institusi Polri,” tegasnya kembali.

Kemudian, Irjen Pol Mulyatno mengajak seluruh personel untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat terutama saat masyarakat membutuhkan bantuan, serta memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

Baik itu pelayanan hukum, pelayanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban, demikian juga dengan memberikan pengayoman, perlindungan kepada masyarakat.

“Contohnya saat kemacetan lalu lintas, saat ada kerumunan untuk mengamankan, dan sekaligus di tengah situasi pandemi Covid-19 ini kita harus selalu hadir untuk melakukan berbagai upaya, di antaranya pencegahan, penanggulangan maupun vaksinasi. Dan Vaksinasi di Polres Kepulauan Sangihe ini sangat bagus, ini tentunya hal yang sangat positif, terima kasih atas pelaksanaannya,” tuturnya mengapresiasi.

Pada kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno juga mengingatkan tentang Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Persiapkan jauh-jauh hari. Tidak lain dan tidak bukan, tujuan kita adalah untuk mengamankan Nataru, membantu masyarakat, dan terutama menekan laju penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Tak lupa, Irjen Pol Mulyatno juga menekankan tentang kekompakan dan soliditas dalam melaksanakan tugas.

“Kita solid, kita bersatu untuk melaksanakan tugas-tugas Polri dengan sebaik-baiknya. Jangan ada pertentangan, perselisihan, baik itu di lingkup internal Polri maupun dengan instansi lain. Dengan unsur TNI dan Pemerintah Daerah, kita harus bersatu padu, saling membantu untuk menciptakan negara ini tata tentrem karta raharja,” imbaunya.

Ditambahkan Irjen Pol Mulyatno, kekompakan internal maupun dengan institusi lain mempunyai peranan penting dalam mencapai keberhasilan.

“Ingat bahwa, keberhasilan tidak bisa kita capai sendiri, tetapi harus kita capai dengan bekerjasama. Dengan bersama-sama kita akan kuat dan kompak. Mari kita laksanakan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga kita menjadi Polisi yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan),” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Bagikan :

KOMENTAR