Polres Bolaang Mongondow dan Jajaran Sampaikan Imbauan Kamtibmas di Sekolah

26 Feb 2024 - 15:02

MANADO, Humas Polda Sulut – Polres Bolaang Mongondow dan jajaran melaksanakan kegiatan sambang disejumlah sekolah secara serentak, pada Senin (26/2/2024) pagi.

Di antaranya, Polsek Dumoga Timur menggelar sambang di SMP N 9 Dumoga, kemudian Polsek Dumoga Utara di SMP Swadharma Mopugad, dan Polsek Poigar di SMA N I Poigar.

Kasi Humas Polres Bolaang Mongondow AKP Herol Mantiri mengatakan, program unggulan “Polisi Masuk Sekolah” ini diinisiasi oleh Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Arianto Salkery.

“Program ini digagas langsung oleh Kapolres Bolaang Mongondow, sebagai salah satu inovasi di Polres Bolaang Mongondow pada tahun anggaran 2024. Tujuannya, menjalin kemitraan dalam rangka membina para pelajar agar patuh pada aturan-aturan yang berlaku serta turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata AKP Mantiri.

Lanjutnya, program “Polisi Masuk Sekolah” ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin, disejumlah sekolah secara bergantian.

“Personel kepolisian dari Polres Bolaang Mongondow maupun Polsek jajaran yang melaksanakan sambang, menjadi pembina upacara bendera di sekolah yang dikunjungi. Kemudian menyampaikan pembinaan dan penyuluhan kepada para pelajar,” jelas AKP Mantiri.

Pembinaan dan penyuluhan yang disampaikan pun beragam, terutama tentang pencegahan aksi kenakalan remaja di kalangan pelajar.

Seluruh pelajar diimbau tidak membolos dan tawuran, tidak mengonsumsi minuman beralkohol maupun narkoba jenis apapun, dan jika jam sekolah selesai agar langsung pulang ke rumah masing-masing.

Juga penyuluhan UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelajar diajak mematuhi aturan berlalulintas seperti memakai helm SNI, tidak bonceng tiga, dan tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

“Program ini sebagai wujud kepedulian Polri khususnya bagi kalangan pelajar, untuk mencegah terjadinya perbuatan negatif sejak dini. Sehingga diharapkan para pelajar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berperilaku baik,” pungkas AKP Mantiri.

Bagikan :

KOMENTAR