Wakapolda Sulut Lepas Ratusan Bintara Remaja Ikuti Tradisi Pembaretan

09 Mar 2023 - 16:03

MANADO, Humas Polda Sulut – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Jan de Fretes melepas ratusan bintara remaja Ditsamapta Polda Sulut untuk mengikuti tradisi pembaretan, pada Kamis (9/3/2023) pagi. Pembaretan diikuti 419 bintara remaja terdiri dari, 173 polisi laki-laki dan 10 polisi wanita angkatan 47, kemudian 226 polisi laki-laki dan 10 polisi wanita angkatan 48.

Pelepasan tersebut diawali dengan upacara keberangkatan yang dilaksanakan di lapangan Mapolda Sulut. Upacara dan pelepasan ini turut dihadiri oleh Dirsamapta Polda Sulut I Gusti Putu Gede Ekawana Prasta beserta para Kasubdit.

Sementara itu Wakapolda Sulut dalam amanatnya mengatakan, tradisi pembaretan ini merupakan salah satu kegiatan untuk melatih ketahanan fisik dan jiwa polisi muda yang Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

“Diharapkan pembaretan ini berdampak pada pelaksanaan tugas teknis samapta di lapangan, selalu menjunjung tinggi maupun menjaga nama baik dan citra Polri, serta menanamkan slogan Kapolda Sulut yaitu, semangat untuk melayani, bertindak untuk melindungi,” kata Brigjen Pol Jan de Fretes.

Lanjutnya, tradisi pembaretan ini juga bertujuan untuk melatih enam kemampuan tugas pokok dan fungsi samapta.

“Termasuk menanamkan jiwa korsa, baik secara individu, ikatan regu, peleton, dan kompi dalam wadah Korps Samapta,” jelas Brigjen Pol Jan de Fretes.

Dirinya pun meminta seluruh peserta untuk menjaga keselamatan karena rute yang akan dilalui cukup jauh.

“Kemudian kepada para panitia agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan selalu memonitor peserta di setiap etape. Bekerjasama dengan petugas kesehatan untuk mengecek kondisi fisik peserta,” pungkas Brigjen Pol Jan de Fretes.

Informasi diperoleh, tradisi pembaretan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari.

Pada hari pertama, Kamis (9/3), tradisi pembaretan diawali dengan kegiatan bakti sosial berupa penyerahan bantuan dan kerjabakti di lokasi pascabanjir, Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Siang harinya, para peserta menuju titik start pembaretan di Kantor Camat Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Kemudian sorenya, peserta dilepas menuju finish di Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara.

Dan pada hari kedua, Jumat (10/3), dilaksanakan upacara penutupan tradisi pembaretan bintara remaja, yang rencananya akan dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Bagikan :

KOMENTAR