Wujudkan Teknologi Informasi Era Police 4.0, Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Penerapan Aplikasi di Polresta Manado

16 Sep 2021 - 12:09

MANADO, Humas Polda Sulut – Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri (Puslitbang Polri) melaksanakan penelitian “Evaluasi Penggelaran Aplikasi di Lingkungan Polri Dalam Rangka Menerapkan Teknologi Informasi Era Police 4.0 di wilayah hukum Polresta Manado, Rabu  (15/9/2021).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kombes Pol Syahrial M Said,SIK dibantu Konsultan dari Universitas Indonesia Dr.  Drs Suryadi, MT serta dua staf lainnya yaitu Kompol Septi Astuti, ST., MA dan Ipda Desriansyah Putra, S.T.

Dijelaskan Ketua Tim, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE seperti tertuang pada peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan menajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Untuk itu katanya, Puslitbang Polri perlu turun ke wilayah untuk melakukan penelitian tentang evaluasi penggelaran aplikasi di lingkungan polri dalam rangka menerapkan teknologi informasi era police 4.0.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar yang digunakan dalam pembangunan aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri, mengetahui apakah aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri sudah ditempatkan secara terpusat pada infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada data center Polri, mengetahui apakah aplikasi kepolisian untuk mendukung layanan eksternal dan internal Polri sudah menyatu dan terintegrasi antar fungsi, mengetahui apakah data dari aplikasi yang tergelar dapat dikumpulkan, diolah, dan disajikan untuk mendukung pengambilan keputusan pimpinan Polri, dan mengetahui bagaimana tata kelola keamanan data dan informasi dari aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri saat ini,” kata Ketua Tim.

Bagikan :

KOMENTAR