Dirsamapta Polda Sulut Pimpin Pekan Disiplin di Polres Boltim

25 Jun 2022 - 12:06

MANADO, Humas Polda Sulut – Dirsamapta Polda Sulut Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Prasta memimpin kegiatan Pekan Disiplin di Polres Bolmong Timur (Boltim), Sabtu (25/6/2022) pagi.

Diawali dengan pelaksanaan apel pagi dipimpin Dirsamapta selaku Perwira Pengamat Wilayah Pekan Disiplin Polres Boltim.

Apel diikuti oleh Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara beserta Wakapolres Kompol Hadisiswoyo Gobel, para pejabat, Kapolsek jajaran, dan seluruh personel perwira maupun bintara.

Dirsamapta dalam arahannya mengatakan, Pekan Disiplin ini digelar secara serentak di Polresta dan Polres jajaran Polda Sulut dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

“Pekan Disiplin ini bertujuan untuk meminimalisir segala bentuk pelanggaran atau penyimpangan yang dilakukan oknum anggota Polri guna meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Kombes Pol Ekawana.

Lanjutnya, diketahui bersama bahwa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, Polri belum sepenuhnya mampu memenuhi tuntutan serta harapan masyarakat.

“Hal tersebut dapat diindikasikan dengan adanya komplain dan pengaduan masyarakat terkait profesionalisme anggota Polri dalam melaksanakan tugas,” jelas Kombes Pol Kombes Pol Ekawana.

Berkaitan dengan hal itu, Kombes Pol Kombes Pol Ekawana menekankan beberapa hal yang harus dipedomani oleh seluruh personel Polres Boltim dan jajarannya.

“Antara lain, tingkatkan disiplin diri dan disiplin kinerja, laksanakan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat di Lingkungan Polri, jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun yang dapat menurunkan citra Polri. Kemudian, jadilah teladan bagi masyarakat, jadilah konsultan dalam menangani berbagai masalah dan bukan mencari kesalahan, serta tingkatkan profesionalisme penegakan hukum,” pungkas Kombes Pol Kombes Pol Ekawana.

Usai apel, dilanjutkan dengan penegakan ketertiban dan disiplin (gaktiblin) oleh Dirsamapta bersama personel Bidang Propam Polda Sulut terhadap seluruh anggota Polri maupun PNS Polres Boltim.

Adapun sasaran gaktiblin antara lain, sikap tampang, kelengkapan surat identitas diri (KTP, KTA, SIM), kelengkapan seragam, dan kelengkapan administrasi pemegang senjata api dinas Polri serta kondisi fisik senjata api.

Bagikan :

KOMENTAR