Kapolda Sulut Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas 2023

26 May 2023 - 10:05

MANADO, Humas Polda Sulut – Direktorat Binmas Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas, yang diikuti oleh seluruh Bhabinkamtibmas se Sulawesi Utara, di aula Catur Pasetya Polda Sulut, Jumat (26/5/2023).

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, dihadiri oleh Dirbinmas Kombes Pol Dumadi dan seluruh PJU Polda.

Menurut Kapolda, penyelenggaraan pelatihan ini merupakan sarana Bhabikamtibmas, dalam rangka penyamaan persepsi dan tindakan dalam menyikapi perkembangan stabilitas kamtibmas.

“Kita wajib mengantisipasi tantangan kedepan dilandasi dengan komitmen yang kuat sebagai Bhabikamtibmas yang prediktif, responsibilitas dan transparan melalui pedoman semangat untuk melayani, bertindak untuk melindungi,” katanya.

Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap pelatihan ini dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya situasi dan kamtibmas yang aman dan kondunsif.

“Sehingga diharapkan peran serta Bhabinkamtibmas untuk berpartisipasi guna mencegah dan menangani segala bentuk ancaman maupun gangguan yang muncul ditengah masyarakat,” ujarnya.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga menekankan beberapa langkah yang harus dilakukan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Sulawesi Utara.

“Lakukan pencegahan dan penanggulangan segala bentuk gangguan kamtibmas, meningkatkan pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat, meningkatkan kerjasama dan memberdayakan peran toga, tomas, toda dan elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan tindakan penanggulangan tindakan gangguan kamtibmas, serta berdayakan dengan Polmas, LSM, Ormas, karang taruna dan organisasi keagamaan dan organisasi pemuda guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan :

KOMENTAR