Satpolairud Polresta Manado Lakukan Olah TKP Kebakaran Kapal Pajeko KM Josh 02 di Dermaga Tumumpa

27 Apr 2024 - 19:04

MANADO, Humas Polda Sulut – Personel Satuan Polairud Polresta Manado melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran kapal pajeko KM Josh 02 di Dermaga Tumumpa.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 05.30 Wita saat piket penjagaan menerima laporan dari masyarakat mengenai kebakaran kapal di Tempat Pelelangan Okan Tumumpa, Sabtu (27/4/2024).

“Kapal yang terbakar adalah kapal penangkap ikan jenis pukat lingkar,” kata Kasi Humas Ipda Agus.

Menurut penjelasan nahkoda kapal Efrad Olongsongke (45), pihaknya menerima informasi tentang kebakaran sekitar pukul 00.45 Wita dan segera bergerak menuju TKP.

“Meskipun telah melakukan upaya pemadaman bersama masyarakat sekitar menggunakan alat konvensional, namun api berhasil dipadamkan setelah menghanguskan dek atas kapal,” lanjutnya.

Dalam kejadian ini, terdapat tiga ABK yang sedang berjaga di kapal. Salah satu ABK bernama Lutfi Bombaya (44) mengalami luka bakar di tangan dan kaki dan sedang dirawat di RS Siti Maryam Tuminting.

Lutfi menceritakan bahwa ia bersama dua ABK lainnya, yaitu Robi Kasiaha dan Kristian Tindas sedang berjaga di atas kapal.

Ketika menyadari kebakaran, Lutfi dan Robi berhasil melompat keluar dari kapal, sementara Kristian melompat ke kapal sebelah karena api telah menyebar ke dalam kamar anjungan.

“Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, meskipun satu orang mengalami luka bakar. Kerugian materiil akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp500 juta,” katanya.

Bagikan :

KOMENTAR